Sesuai dengan rumusan hasil Rapat Koordinasi Nasional II Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2024 di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 4 s.d 6 November 2024, berkomitmen untuk mendukung suksesnya Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Serentak pada tanggal 27 November 2024. Untuk mensuskseskan Pilkada serentak tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Utara melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan pada hari libur tanggal 23 November 2024 sampai dengan 24 November 2024 serta pada hari - Pilkada serentak. Dukungan penuh untuk Pilkada serentak 2024 Dijten Dukcapil dan Dinas Provinsi Serta Kabupaten/Kota meliputi langka teknis dan persiapan yang menyeluruh antara lain:
- Ditjen Dukcapil menyiapkan dan menyerahkan Daftar Agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) dan daftar Penduudk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) serta melakukan pemutahirkan data secara berkala.
- Melakukan sikironisasi data pemilih dengan data kependudukan untuk memastika keakuratan data pemilih.
- Menjamin ketersediaan infrastruktur, jaringan komunikasi data dan blanko KTP-el sampai hari H Pilkada serentak pada 27 November 2024.
- Menyelenggarakan layanan jemput bola khususnya untuk merekam data pemilih pemula hingga hari pemungutan suara.
- Dinas Kependudukan di setiap Kabupaten/Kota diwajibkan membuka pelayanan pada hari H-Pilkada 2024, serta menjaga netralitas ASN selama proses pilkada berlangsung.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Labuhanbatu Utara yakni Ardiansyah Siregar, S.STP.,M.Si telah menerbitkan surat Tugas kepada pegawai yang bertugas pada hari Libur weekend ini tanggal 23 -24 November 2024 dan pada Hari H Pilkada yang dilaksanakan di Kantor Disdukcapil dan operator kecamatan masing-masing di 8 (delapan) Kecamatan.
Dari hasil kegiatan pelayanan yang dilaksanakan Disdukcapil Kabupaten Labuhanbatu Utara pada tanggal 23-24 November 2024 jumlah perekaman KTP-el sebanyak 130 Orang, Jumlah Pencetakan KTP-el sebanyak 57 Keping dan serta IKD sebanyak 23 orang. Ardiansyah selaku Kepala Dinas Dukcapil Labura mengajak seluruh masyarakat yang belum perekaman untuk mendatangi kantor Dukcapil Kabupaten Labura dan kantor Kecamatan masing-masing untuk memperoleh KTP-el dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di smartphone.