Visi dan Misi

VISI DAN MISI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

Visi yang dituangkan dalamRencana Strategis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2016 – 2021 adalah :

“Mewujudkan Pelayanan Prima Terhadap Masyarakat Dalam Penerbitan Dokumen Kependudukan Untuk Menuju Kabupaten Labuhanbatu Utara Yang Sejahtera”.

Pernyataan visi tersebut memiliki pemahaman sebagai berikut:
a. Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.
b. Penyediaan Informasi Kependudukan adalah tersedianya data perseorangan dan atau data agregat yang terstruktur sebagai hasil dari kegiatan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Dalam mewujudkan visi tersebut, maka dirumuskan Misi yang akan diemban Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2016 – 2021 yaitu:
“Mewujudkan peningkatan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan dan Pencatatan sipil”.

Tujuan :
Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari misi dan tujuan sebagai hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 5 (lima) tahun. Untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Utara ditetapkan tujuan sebagai berikut:
“Terwujudnya masyarakat yang tenteram dan tertib berdasarkan kesadaran atas hokum melalui peningkatan pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil”.

Sasaran : Meningkatnya pelayanan public dibidang administrasi t
kependudukan dan pencatatansipil.
Sasaran merupakan bagian yang integral dalam proses perencanaan strategis, sehingga harus disusun secara konsisten dengan perumusan visi, misi, dan tujuan. Sasaran memberikan focus pada penyusunan kegiatan, maka sasaran harus menggambarkan hal-hal yang ingin dicapai.

STRATEGI DAN KEBIJAKAN

Merujuk pada tujuan dan sasaran tersebut di atas maka rumusan strategi dan kebijakan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Labuhanbatu Utara adalah sebagai berikut :
a. Strategi : Mengembangkan system administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil
b. Kebijakan : Peningkatan kualitas pelayanan dan administrasi kependudukan