Tugas Pokok dan Fungsi

              

TUGAS  POKOK DAN FUNGSI

 

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

 

KEPALA DINAS

TUGAS POKOK

Membantu Bupati Melaksanakan Urusan Pemerintahan bidang administrasi kependudukan dan pencatan sipil dan Tugas Pembantuan.

 

FUNGSI

  1. Perumusan kebijakan di bidang administrasi kependudukan dan Pencatan Sipil.
  2. Pelaksanakan kebijakan bidang administrasi kependudukan dan pencatan sipil.
  1. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang adminstrasi kependudukan dan pencatan sipil.
  2. Pelaksanaan Adminstrasi Dinas.
  3. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SEKRETARIAT

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Dinas dalam pelayanan teknis dan administrasi kepada seluruh unit  organisasi serta koordinasi pelaksanaan tugas dilingkungan Dinas.

 

FUNGSI

  1. Menyiapkan bahan perumusan rencana dan program kerja kesekretariatan.
  2. Koordinasi penyusunan kebijakan, rencana, program, kegiatan dan anggaran Dinas.
  3. Pengelolaaan data dan informasi dalam lingkup kewenangan Dinas.
  4. Koordinasi dan pelaksaan kerjasama dalam lingkup kewenangan Dinas.
  5. Koordinasi pengelolaan dan laporan keuangan di lingkungan Dinas.
  6. Pelaksanaan urusan organisasi dan tata laksana di lingkungan Dinas.
  7. Pengelolaan kepegawaian di lingkungan Dinas.
  8. Penyusunan bahan pelaksana urusan Tugas Pembantuan.
  9. Koordinasi dan penyusunan bahan publikasi dan hubungan masyarakat.
  1. Koordinasi pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dalam lingkup kewenangan Dinas.
  2. Pengelolaan barang milik daerah di lingkungan dinas.
  3. Pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kerumahtanggaan di lingkungan Dinas.
  4. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan tugas-tugas Dinas.
  5. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  6. Melaksanakan fungsi lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai tugas pokok dan fungsinya.

 

SUB BAGIAN PERENCANAAN

TUGAS POKOK 

Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dalam urusan penyusunan rencana program dan kegiatan dan rencana anggaran.

FUNGSI

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Subbagian Perencanaan.
  2. Mengkoordinasikan dan mempersiapkan penyusunan rencana strategis, rencana kerja, rencan kerja tahunan dan rencana kerja anggaran.
  3. Mengkoordinasikan dan mempersiapkan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja.
  4. Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan serta menyusun laporan di lingkungan Dinas.
  5. Melakukan koordinasi dengan setiap bidang untuk persiapan pelaksanaan jadwal kegiatan.
  6. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  7. Melaksanakan tugas –tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan

 

SUB BAGIAN KEUANGAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat dibidang pengelolaan keuangan meliputi pembukuan, perhitungan anggaran dan verifikasi serta perbendaharaan di lingkungan Dinas.

FUNGSI

  1. Menyusun rencana dan program kerja Subbagian Keuangan.
  2. Merumuskan penyusunan kebijakan Standar Pelayan Minimal (SPM).
  1. Mengkoordinasikan dan mempersiapkan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja.
  1. Meneliti dan menelaah dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) dan anggaran dan anggaran kas dalam rangka penatausahaan keuangan.
  2. Melakukan pengelolaan administrasi keuangan meliputi penerimaan, penyimpanan, pengeluaran dan pembukuan.
  3. Melakukan koordinasi dan menyusun kebijakan laporan keuangan meliputi laporan realisasi anggaran, neraca dan catatan atas laporan keuangan.
  1. Melaksanakan akuntansi pengelolaan keuangan anggaran Dinas.
  1. Meneliti dan menguji kelengkapan surat permintaan pembayaran dan surat pertanggung  jawaban.
  1. Menyiapkan dan mengadministrasikan Surat Perintah Membayar (SPM).
  2. Melakukan verifikasi, meneliti dan menguji setiap dokumen/ bukti serta Surat Pertanggung Jawaban bendahara pengeluaran dan bendahara penerimaan.
  3. Melaksanakan penyusunan daftar gaji dan tambahan penghasilan pegawai negeri sipil.
  4. Menghimpun dan mengelola data serta informasi dalam rangka penatausahaan keuangan.
  5. Melaksanakan tertib administarsi dan menyusun laporan program dan kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  6. Melaksanakan tuagas-tugas lain yang yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya

 

 

SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

 TUGAS POKOK

Melaksanakan  sebagian tugas Sekretariat dalam pelaksanaan urusan kepegawaiaan, ketatausahaan, kerumahtanggan, kerjasama, hubungan masyarakat, kearsipan dan dokumentasi, penataan organisasi dan tata laksana serta penyusunan peraturan perundang-undangan.

FUNGSI

  1. Menyusun rencana dan program kerja Subbagian Umum dan  Kepegawaian.
  2. Pengelolaan urusan tata usaha, surat menurat, kearsipan dan dokumentasi.
  3. Pengelolaan urusan perlengkapan dan rumah tangga.
  4. Pengelolaan urusan administrasi kepegawaian, organisasi dan ketatalaksanaan.
  5. Penyelenggaran pembuatan Sasaran Kerja Pegawai  (SKP).
  6. Penyiapan dan dan penyusunan bahan kerjasama dalam lingkup kewenangan Dinas
  7. Pengelolaan publikasi dan hubungan masyarakat.
  8. Menyusun peraturan perundang-undangan.
  9. Melaksnakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  10. Melaksanakn tugas-tugas lain yang diperintahkan pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagaian tugas Dinas dalam penyusunan bahan perumusan, pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang identitas penduduk, pindah datang dan pendataan penduduk.

FUNGSI

  1. Penyiapan bahan perumusan , pelaksnaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang identitas penduduk.
  2. Penyiapan bahan perumusan, pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan dibidang pindah datang dan pendataan penduduk.
  3. Perumusan kebijakan, pelaksanan teknis operasional kebijakan, evaluasi dan pelaoran dalam pengembangan kegiatan registrasi penduduk penerbitan kartu keluarga dan KTP serta pindah datang penduduk.
  4. Penyelenggaraan pelayanan penertiban dokumen kependudukan.
  5. Menyelengarakan penerbitan identitas kependudukan.
  6. Penandatangan legalisir kartu keluarga dan KTP apabila Sekretaris berhalangan.
  7. Melaksanakn koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan tugas.
  8. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  9. Melaksanakan fungsi lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SEKSI IDENTITAS

TUGAS POKOK

Melaksanakan  sebagian tugas Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dalam penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan opersional, serta evaluasi dan pelaporan di bidang identitas  penduduk.

 

FUNGSI

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Seksi Identitas.
  2. Melakukan peyiapan perumusan kebijakan di bidang seksi identitas.
  3. Melakukan penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang seksi identitas.
  4. Melakukan evaluasi dan pelaporan di bidang identitas penduduk.
  5. Menyiapkan penerbitan kartu keluarga dan KTP sesuai dengan kebutuhannya.
  6. Memeriksa hasil pendataan sesuai dengan wilayah kependudukan.
  7. Membuat laporan penerbitan kartu keluarga dan KTP.
  8. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan  Program dan  Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnyas.
  9. Melaksankan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SEKSI PINDAH DATANG DAN PENDATAAN PENDUDUK

TUGAS POKOK

Melaksanakan  sebagian tugas Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dalam penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, serta evaluasi dan pelaporan di bidang pindah datang dan pendataan penduduk

FUNGSI

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Seksi Pindah Datang dan Pendataan Penduduk.
  2. Melakukan penyiapan perumusan kebijakan di bidang pindah datang dan pendataan penduduk.
  3. Melakukan penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang pindah datang dan pendataan penduduk.
  4. Melakukan evaluasi dan pelaporan di bidang pindah datang dan pendataan penduduk.
  5. Membuat surat keterangan pindah penduduk WNI antar kabupaten satu provinsi dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  6. Membuat surat pindah datang penduduk orang asing dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  7. Membuat surat keterangan pindah keluar negeri dari dalam negeri.
  8. Membuat surat keterangan tempat tinggal terbatas untuk orang asing.
  9. Melaksanakan pendataan kependudukan.
  10. Malaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  11. Malaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

BIDANG PELAYANAN PENCATATAN SIPIL

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Dinas dalam penyusunan bahan perumusan, pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang kelahiran dan kematian, perkawinan, perceraian,  perubahan status anak dan kewarganegaraan.

FUNGSI

  1. Penyiapan bahan perumusan, pelaksanaan, kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang kelahiran dan kematian.
  2. Penyiapan bahan perumusan, pelaksanaan, kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan kewarganegaraan.
  3. Menyelenggarakan pelayananan penerbitan akte kelahiran dan kematian.
  4. Menyelengarakan pelayanan penerbitan akte perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan kewarganegaraan.
  5. Mengevaluasi data pelayanan penerbitan akte kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan kewarganegaraan.
  6. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun  laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  7. Melaksanakan fungsi lain yang diperintahkan pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SEKSI KELAHIRAN DAN KEMATIAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil dalam penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, serta evaluasi dan pelaporan di bidang kelahiran dan kematian.

FUNGSI

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Seksi Kelahiran dan Kematian .
  2. Melakukan penyiapan perumusan kebijakan di bidang kelahiran dan kematian.
  3. Melakukan penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang kelahiran dan kematian.
  4. Melakukan serta evaluasi dan pelaporan di kelahiran dan kematian.
  5. Melaksanakan pelayanan administrasi pencatatan kelahiran dan kematian.
  6. Meneliti  dan memeriksa kebenaran serta kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan untuk penerbitan akta kelahiran dan kematian.
  7. Membuat data dan melaporkan penerbitan dokumen akta kelahiran dan kematian.
  8. Melaksanakan sosialisasi pelayanan  pencatatan sipil tentang kelahiran dan kematian.
  9. Menyimpan dan memelihara buku register dan arsip yang berkaitan dengan akta kelahiran dan kematian.
  10. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  11. Melaksankan tugas-tugas lain yang diperintahkan pImpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SEKSI PERKAWINAN DAN PERCERAIAN,PERUBAHAN STATUS ANAK DAN KEWARGANEGARAAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas bidang pelayanan pencatatan sipil dalam penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, serta evaluasi dan pelaporan dibidang perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan kewarganegaraan.

 

FUNGSI

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Seksi Perkawinan, Perceraian Perubahan Status Anak dan Kewarganegaraan.
  2. Melakukan penyiapan perumusan kebijakan di bidang perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan kewarganegaraan.
  3. Melakukan penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan kewarganegaraan.
  4. Melakukan serta evaluasi dan pelaporan di bidang perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan kewarganegaraan.
  5. Melaksanakan administrasi pencatatan sipil di bidang pencatatan perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan kewarganegaran.
  6. Meneliti dan memeriksa kebenaran serta kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan untuk penerbitan akta perkawinan, akte perceraian, dan perubahan ststus anak dan kewarganegaraan.
  7. Membuat data dan melaporakan penerbitan dokumen perkawinan, perceraian, perubahan status anak dan kewarganegaraan.
  8. Menyimpan dan memelihara buku register dan arsip yang berhubungan dengan akta perkawinan, akta perceraian, perubahan status anak dan kewarganegaraan.
  9. Melaksanakan tertib admnistrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya .

 

BIDANG PENGELOLAAN INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

TUGAS POKOK

 

Melaksanakan sebagian tugas Dinas dalam penyusunan bahan perumusan pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang sistem informasi administrasi kependudukan, pengolahan dan penyajian data kependudukan.

 

FUNGSI

  1. Penyiapan bahan perumusan, pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang sistem informasi administrasi kependudukan.
  2. Penyiapan bahan perumusan pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang pengolahan dan penyajian data kependudukan.
  3. Menyiapkan data kependudukan yang akan disajikan dalam sistem informasi administrasi kependudukan.
  4. Mengumpulkan, mengelola, meneliti dan memeriksa data yang akan diinformasikan dalam sistem informasi administrasi kependudukan.
  5. Menjalin hubungan kerja dengan instansi terkait dalam rangka penyusunan sistem administrasi kependudukan.
  6. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian sistem informasi administrasi kependudukan.
  7. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SEKSI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dalam penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, serta evaluasi dan pelaporan di bidang sisteminformasi administrasi kependudukan.

FUNGSI

 

  1. Menyusun rencana  dan rpogram kegiatan Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.
  2. Melakukan penyiapan perumusan kebijakan di bidang sistem informasi administrasi kependudukan.
  3. Melakukan penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang sistem informasi administrasi kependudukan.
  4. Melakukan serta evaluasi dan pelaporan di bidang sistem informasi administrasi kependudukan.
  5. Membuat data administrasi kependudukan pada papan data kependudukan.
  6. Manjalin koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka penyususnan sistem informasi administrasi kependudukan.
  7. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  8. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok.

SEKSI PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA KEPENDUDUKAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dalam penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan  operasional, serta evaluasi dan pelaporan di bidang pengolahan dan penyajian data kependudukan.

         FUNGSI

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Seksi Pengolahan Dan Penyajian Data Kependudukan.
  2. Melakukan penyiapan perumusan kebijakan di bidang pengolahan dan penyajian data kependudukan.
  3. Melakukan penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang pengolahan dan penyajian data kependudukan.
  4. Melakukan serta evaluasi dan pelaporan di pengolahan dan penyajian data kependudukan.
  5. Menyiapakan materi pengolahan data kependudukan.
  6. Melaksanakan koordinasi dengan instansi yang terkait dalam rangka pengolahan dan penyajiandata kependudukan.
  7. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

BIDANG PEMANFAATAN DATA DAN INOVASI PELAYANAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Dinas dalam penyusunan bahan, perumusan, pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang kerjasama dan inovasi pelayanan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.

FUNGSI

  1. Penyiapan bahan perumusan, pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang pemanfaatan data dan inovasi pelayanan.
  2. Penyiapan bahan perumusan, pelaksanaan kebijakan serta evaluasi dan pelaporan di bidang kerjasama dan inovasi pelayanan.
  3. Pelaksanaan kerjasama dengan instansi terkait bidang pemanfatan data kependudukan dan pencatatan sipil.
  4. Perumusan inovasi pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dengan memberikan pelayanan yang efektif kepada masyarakat dalam pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.
  5. Mengumpulkan dan menyiapkan bahan dan data untuk permafaatan data dan dokumen kependudukan.
  6. Mempersiapakan sarana dalam pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.
  7. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  8. Melaksanakan fungsi lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya

 

SEKSI KERJASAMA DAN INOVASI PELAYANAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan dalam penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, serta evaluasi dan pelaporan dibidang kerjasama dan inovasi pelayanan.

FUNGSI

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan.
  2. Melakukan penyiapan perumusan kebijakan di bidang kerjasama dan inovasi pelayanan.
  3.  Melakukan penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang kerjasama dan inovasi pelayanan.
  4. Melakukan serta evaluasi dan pelaporan di bidang kerjasma dan inovasi pelayanan.
  5. Penyiapan perumusan inovasi pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.
  6. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan program dan kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

SEKSI PEMANFAATAN DATA DAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Bidang Pemanfatan Data dan Inovasi Pelayanan dalam penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, serta evaluasi dan pelaporan di bidang pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.

FUNGSI

  1. Menyusun rencana dan program kegiatan Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan.
  2. Melakukan penyiapan perumusan kebijakan di bidang pemanfaatan data dokumen kependudukan.
  3. Melakukan penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.
  4. Melakukan serta evaluasi dan pelaporan di bidang pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.
  5. Mengumpulkan dan Menyiapkan bahan dan data untuk pemanfaatan dan dokumen kependudukan.
  6. Mempersipakan sarana dalam pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.
  7. Penyiapan pelaksanaan kerjasama dengan instansi terkait dibidang pemanfaaatan data kependudukan dan pencatatan sipil.
  8. Memberikan pelayanan yang efektif kepada masyarakat dalam pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.
  9. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan Program dan Kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya.
  10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperhatikan Pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.